Minggu, 02 Juli 2017

Bubur Sumsum😋

Hai hai hai good people🙌

Food-lovers pasti tau dong jajanan tradisional "bubur sumsum" yang berpasangan dengan saus gula merah yang legit gak ketulungan?

Kali ini resep yang dengan bangga penulis bagikan di sini tak lain adalah resep bubur sumsum yang merupakan salah satu makanan favorit penulis dan teman teman semasa kecil dulu sampai semasa besar sekarang😳😳 yuk simak dan pantau sampai selesai yuk good people 🙌 


Enak dan bertekstur lembut merupakan ciri khas bubur sumsum putih yang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa ini. Penyajiannya dengan siraman kuah gula merah membuat bubur yang gurih bercampur cita rasa yang manis legit bisa menjadi hidangan favorit keluarga di rumah.

Meskipun berbahan dasar sederhana, cara membuat bubur sumsum yang enak dan lembut serta tidak menggumpal memang tak semudah yang dibayangkan. Karena selain takaran resep yang tepat, terdapat beberapa tips dan triks sederhana agar berhasil dan sukses dalam proses membuatnya. Bisa dibilang ya gampang-gampang susah lah hehehe.
Menu traditional dessert ini tak jarang pula menjadi pilihan untuk sarapan, serta sering dibuat dengan kombinasi atau disajikan dengan variasi bahan lainnya, seperti jagung manis, candil, sagu mutiara, es pisang ijo atau yang lainnya. Selain itu, karena teksturnya yang sangat lembut juga sering menjadi menu untuk makanan bayi dengan susu sebagai campurannya.
Untuk lebih jelasnya langsung aja ya ikuti langkah-langkah di bawah ini. Check it out.....

Cara Membuat Bubur Sumsum
• Bahan Adonan Bubur Sumsum

    200 gram tepung beras
    1200 ml santan dari 1 butir kelapa
    2 lembar daun pandan
    1/2 sdt garam

• Bahan saus gula merah

    250 gram gula merah disisir
    200 ml air
    2 lembar daun pandan
    3 cm kayu manis
    2 buah mata nangka matang dipotong-potong sesuai selera (optional)

• Cara Membuat Bubur Sumsum

1. Santan dibagi dahulu menjadi dua bagian atau masing-masing 600 ml santan. Satu bagian santan dicampurkan dengan tepung beras dan garam, aduk benar-benar rata hingga tidak ada yang menggumpal.
2. Sedangkan satu bagian santan didihkan bersama daun pandan sambil terus diaduk-aduk. Setelah mendidih, masukkan perlahan adonan tepung beras dan santan yang pertama tadi sambil terus diaduk-aduk dan masak hingga kental dan meletup-letup.
3. Adonan harus terus diaduk saat dimasak supaya hasilnya lembut dan tidak ada yang menggumpal (aduk benar-benar rata, lebih mudah menggunakan spatula kayu), waktunya memang cukup lama atau hingga adonan tidak lagi berbau tepung. Tips selanjutnya adalah menggunakan api kecil agar tidak cepat gosong dan hasilnya dapat matang merata dan sempurna.
4. Untuk kuah gula merah, masak air bersama, gula merah, daun pandan, dan kayu manis. Aduk rata lalu masak hingga mendidih dan gula larut, matikan api kemudian tambahkan potongan nangka matang. Tuang bubur sumsum dalam mangkuk atau piring saji, sirami dengan kuah saus gula merah kemudian siap untuk disajikan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Monica Intan Template by Ipietoon Cute Blog Design