Senin, 10 Juli 2017

DADAR GULUNG YUMMY

Resep Kue Dadar Gulung Hijau Isi Enten (Kelapa x Gula Merah)

Kue basah dadar gulung di negara tercinta Indonesia termasuk jajaran kue basah tradisional terkenal dengan aroma wangi hijau pandan dengan isi parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah.

Sekarang ini kue dadar gulung sendiri seringkali ditemukan di berbagai acara-acara seperti arisan, pertemuan keluarga, aqiqah, tujuh belasan dan tentunya sudah berkembang menjadi variasi macam rasanya. Good people, kali ini saya ingin membagikan Resep Kue Dadar Gulung Hijau Isi Kelapa, saya terinspirasi dari adik saya yang seringkali request kepada ibu dan nenek untuk dibuatkan dadar gulung kesukaannya.

Menurut salah satu laman online, kue dadar gulung merupakan penganan khas Malaysia dan Indonesia. Apakah betul dari malaysia? Karena isi dari kue dadar gulung hijau sendiri rata-rata menggunakan gula jawa cair. Meskipun sekarang sudah banyak variasi isi yang beragam, tetap saja jajanan ini sangat khas dengan isi gula jawa dan parutan kelapa.

Dari namanya, good people pastinya sudah tahu kalo jajanan ini disajikan dengan cara digulung kulitnya. Dan untuk kulitnya sendiri biasanya berwarna hijau pandan, namun hal ini bukanlah suatu keharusan, kita bisa mengkreasikan warnanya sesuai selera dengan menggunakan pewarna makanan.
Yuk langsung aja kita intip resepnya, cekidoooot...

Bahan yang diperlukan dalam membuat Kue Dadar Gulung Hijau Isi Kelapa Manis dan Sederhana:

Bahan untuk Kulit Kue Dadar Gulung Hijau:

1. 50 gram tepung ketan hitam
2. 125 gram tepung terigu
3. 1 butir telur
4. 1/2 sdt garam
5. 3 sdm minyak goreng

Bahan untuk Isi Resep Kue Dadar Gulung Hijau: 
1. 150 gram gula jawa
2. 1/2 butir kelapa setengah tua, kupas dan parut memanjang
3. 1/2 sdt garam
4. 1/4 sdt vanili bubuk
5. 1 lembar daun pandan

Cara membuat Resep Kue Dadar Gulung Hijau Isi Enten:

1. Bagian kulit: Campur tepung terigu dan tepung ketan hitam dengan air, telur, dan garam. Aduk rata kemudian tambahkan minyak goreng, lalu aduk kembali hingga merata.
2. Panaskan wajan datar ukuran 20cm, olesi dengan sedikit minyak, buatlah dadar tipis lalu sisihkan.
3. Bagian isi: Campur kelapa dengan gula jawa, vanili bubuk, garam dan daun pandan. Aduk rata dan kukus selama 15 menit.
4. Terakhir, ambil selembar dadar tipis yang sudah dibuat, lalu isi dengan 2sdm bagian isi, kemudian gulung rapi.
5. Akhirnya, Kue Dadar Gulung Hijau Isi Enten siap disajikan dan dinikmati.

Nb:
Untuk Resep Kue Dadar Gulung Hijau Isi Enten ini penulis lebih suka menggunakan gula jawa/gula merah, namun good people juga bisa mengganti isinya dengan Gula Pasir, dan tentunya rasanya juga tak kalah enak dengan yang menggunakan Gula Jawa/Gula Merah.

Selamat mencoba dan selamat menikmati good people. 😙😙😙
See you on the next post✋


Image credit to google.  

0 komentar:

Posting Komentar

 

Monica Intan Template by Ipietoon Cute Blog Design